Oktober 07, 2008

Liburan "Kupatan"

Di Kudus atau mungkin juga di daerah lain di Indonesia, kupatan sering identik dengan plesir. Bagi orang jawa, kupatan adalah hari raya atau istilah jawanya bodo kupat. Bodo Kupat ini jatuh tujuh hari setelah hari raya idul Fitri. Mungkin bodo kupat ini diperuntukkan bagi mereka yang berpuasa enam hari berturut-turut pasca 1 Syawal. Yang pasti, kupatan selalu identik dengan berlibur ke tempat wisata.

Mungkin karena terdorong faktor itu, saya beserta istri dan beberapa teman pergi melancong ke beberapa tempat di Adelaide. Setelah berjalan ke luar kota sekitar 45 menit, akhirnya kami tiba di tempat tujuan pertama yakni Cleland Wildlife Park. Disini, akhirnya resmilah saya berada di Aussie. Lho kok??? Ya, kalau belum ketemu kangguru dan saudaranya koala, katanya belum sah menginjakkan kaki di Aussie. Ini mungkin seperti pergi ke Malioboro jika datang ke Yogyakarta. Setelah itu, perjalanan berlanjut ke mount Lofty. Di Mt. Lofty ini, kita bisa melihat kota Adelaide dari atas bukit. Hanya itu yang bisa dilihat, karena sampai di Mt. Lofty ini sudah terlalu sore yakni jam 5 sehingga sudah hampir ditutup.
Perjalanan pun berlanjut ke Hahndorf, sebuah kota kecil, semacam kecamatan kalau di Indonesia. Hahndorf merupakan daerah di Adelaide yang pertama kali disambangi oleh keluarga besar Prussian Lutheran pada 1839.

Nama Hahndorf sendiri berasal dari Captain Dirk Hahn yang tiba di Adelaide pada 1838 bersama para imigran lain dari Eastern Provinces of Prussia. Daerah ini sendiri sangat bernuansa jerman karena memang pada awalnya banyak didiami para imigran asal Jerman. Karena kami pergi pada hari sabtu dan sudah sore hari, banyak toko yang sudah tutup.
Walhasil, liburan dalam suasana kupatan pun tetap meriah...

Tidak ada komentar: